Bos

Tabang

Dondang

Tari Kesultanan

Beluluh

Pulau Kumala

Bukit Bangkiray

BEKANTAN

Kaltim Park

Kaltim Park

Statistik

Hit hari ini : 123
Total Hits : 1,781,331
Pengunjung Hari Ini : 73
Pengunjung Online : 1
Total pengunjung : 486,130

Flag Counter

Home Berita dan Artikel

Berita dan Artikel

<< First < Previous 1 2 3 ... 89 Next > Last >>

 Halal Bihalal Di Dusun Mekar Jaya Loa Janan

Halal Bihalal Persaudaraan "Setia Hati" Winongo Tunas Muda Cabang Kutai Kartanegara 1443 H/2022 bersama seluruh antar perguruan dan saudara seasuh dengan mengangkat tema: "sucikan hati, tingkatkan persaudaraan antar sesama", berlangsung di Dusun Mekar Jaya Desa Purwajaya Loa Janan pada Hari Minggu (29/5).
Dalam acara ini, dihadiri langsung oleh Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Bapak Drs. Witontro beserta jajarannya sebagai tamu dalam rangkaian acara. Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan seluruh elemen masyarakat yang terlibat baik itu dalam tali persaudaraan antar sesama perguruan maupun masyarakat sekitar bisa saling membantu dalam hal meningkatkan jiwa gotong royong maupun bekerja sama dalam memajukan desa termasuk dalam aspek kepariwisataannya.

 Kulineran Kutai, Gence Ruan

Gence Ruan merupakan makanan khas dari Kutai Kartanegara. Ruan merupakan nama yang diambil dari nama ikan yang digunakan, yaitu ikan “Haruan” atau ikan Gabus. Sedangkan Gence adalah nama dari bumbu khas hidangan ini. Penyajiannya pun cukup sederhana sehingga bisa dibuat oleh semua orang. Lihat resepnya berikut :

Bahan :
-    Ikan haruan ( Gabus ) ½ Kg
-    Cabe besar merah ¼ Kg
-    Bawang merah 2 Ons
-    Tomat kecil ¼ Kg
-    Garam secukupnya

Cara membuatnya dimulai dari Ikan yang dibelah dua, bersihkan jangan dibuang kulitnya kemudian dibakar hingga masak. Setelah itu haluskan cabe dengan garam, setelah halus masukkan irisan bawang. Panaskan minyak, masukkan bumbu yang telah dihaluskan hingga masak kemudian tambahkan dengan irisan tomat yang telah dipotong dua hingga layu. Siapkan ikan yang telah dibakar, kemudian siramkan bumbu yang dimasak diatas ikan. Gence ruan siap sajikan.

 Kegiatan Fasilitasi Forum Asosiasi Pariwisata

Pada Hari Senin, Tanggal 30 Mei 2022 di ruang rapat Dinas Pariwisata berlangsung kegiatan Fasilitasi Forum Asosiasi Pariwisata yang merupakan upaya untuk meningkatkan kerjasama dan kemitraan pariwisata melalui forum komunikasi industri pariwisata di Kabupaten Kutai Kartanegara. Dihadiri oleh anggota - anggota forum seperti, ASITA (Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia), PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia), PUTRI (Perhimpunan Taman Rekreasi Indonesia), HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia), PPJI (Perkumpulan Penyelenggaran Jasaboga Indonesia), ADWINDO (Asosiasi Duta Wisata Indonesia), IMA (Indonesia Marketing Association), APJI (Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia), ASPPI (Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia), POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata Indonesia), serta beberapa pejabat Esselon III dan IV di lingkup Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara.
H. Slamet Hadiraharjo (Kepala Dinas Pariwisata) selaku narasumber didampingi Hery Rusnadi memberikan penjelasan terkait kondisi pariwisata yang ada saat ini, dan bagaimana upaya pemerintah untuk pengelolaan serta memajukannya. Setiap anggota diberi kesempatan untuk memberikan saran atau masukan serta menyampaikan kendala kendala apa saja yang dihadapi selama ini. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan feedback serta dampak yang baik bagi kegiatan pariwisata di Kutai Kartanegara dimasa yang akan datang.

 Pelantikan Pengurus ADWIDO Periode 2022-2025

Ketua Asosiasi Duta Wisata Indonesia (ADWINDO) Kukar periode 2019-2022, Catur Septi Nanda Palinggi, kembali jabat Ketua untuk periode 2022-2025, pada Muscab ADWINDO ke V yang dilantik pada hari ke 2 kegiatan hari Minggu 29 Mei 2022. Asisten II Setkab Kukar, Wiyono, dipercaya melantik kepengurusan yang diketuai Catur Palinggi tersebut. Perwakilan Dinas Pariwisata dihadiri oleh Kabid Pembinaan Industri Pariwisata Herry Rusnadi dan Bidang Promosi Triyatma. “Selamat menjalankan amanat yang baru, saya yakin ADWINDO akan semakin besar dan berikan dampak besar terhadap Kukar,” ucap Wiyono.
Wiyono menambahkan, ADWINDO merupakan organisasi yang difasilitasi dan dibina oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar, yang diisi oleh anak muda bisa semangat terus bergerak, membuat program kerja nyata. Karena, anak muda jika diberikan peran yang besar dan tepat, maka akan semakin tangguh dalam bekerja. “Saya yakin Catur Palinggi bawa perubahan, karena memiliki jejaring sampai tingkat Nasional, ” ungkapnya. Wiyono memastikan, IKN Kaltim sudah didepan mata, orang Kukar jangan jadi penonton saja, ketika orang luar datang dalam jumlah yang banyak. Visi Bupati Kukar masyarakat Kukar harus sejahtera dan bahagia harus terwujud. “Semoga ADWINDO mampu menggerakan SDM Kukar bersaing untuk IKN ” ucapnya.

 Peresmian Wisata Gubuk Semar Desa Badak Mekar

Peresmian pembukaan wisata Desa Gubuk Semar di Desa Badak Mekar Kecamatan Muara Badak Kutai Kartanegara sekaligus peninjauan fasilitasnya pada hari Sabtu (29/5). Dalam peresmian kali ini dihadiri langsung oleh oleh Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata, M. Ridha Fatrianta sekaligus membuka secara resmi Objek Wisata baru di Kecamatan Muara Badak ini.
Dengan memadukan konsep modern dan tradisional, objek wisata ini menjadi daya tarik tersendiri dengan keunikannya. Nuansa yang masih asri disekelilingnya, dengan hamparan padi yang luas menjadi tempat untuk berfoto bagi pengunjung maupun wisatawan yang dating. Fasilitas-fasilitas pendukung sudah dilengkapi pihak objek wisata seperti toilet, tempat makan, hingga glamping yang bisa disewakan bagi pengunjung. untuk tarifnya cukup terjangkau, cukup dengan Rp. 10.000, kita bisa menikmati indahnya suasana alam dengan konsep tradisional yang dipadukan dengan modern.

 Pembukaan Musyawarah Cabang ADWINDO

Pembukaan Musyawarah Cabang Adwindo Kukar ke-V Tahun 2022 dengan tema "Merawat Semangat Kolektif, Maju Bersama di Era Disruptif" Sabtu pagi (28/5) Di Hotel Grand Elty Singgasana. Acara ini dihadiri langsung oleh Bapak Wiyono yang merupakan asisten  II Setkab Kutai Kartanegara, Bapak Abdullah Pannusu selaku Sekretaris Dinas Pariwisata, dan beberapa pejabat terkait untuk membuka acara pada kesempatan kali ini. Selain acara inti dari musyawarah cabang Asosiasi Duta Wisata Indonesia (ADWINDO) Kutai Kartanegara, acara ini juga memiliki kegiatan pelatihan pengusaha-pengusaha muda agar pelaku usaha di Kutai Kartanegara semakin bergeliat.
Diharapkan kedepannya pelaku usaha lainnya bisa termotivasi dan berinovasi untuk perkembangan UMKM yang ada di Kutai Kartanegara. Adwindo diharapkan bisa berkontribusi bukan hanya menjadi ajang pencarian bakat Duta Wisata Kukar, tetapi bisa berperan aktif dalam memajukan kepariwisataan salah satunya ikut andil dalam pengembangan UMKM lokal melalui acara maupun kegiatan yang dilaksanakan seperti pembukaan Muscab Adwindo ini. Acara berlangsung 2 hari mulai tanggal 28 Mei sampai 29 Mei.

 UMKM Festival Meriahkan Kota Raja

Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara kembali melaksanakan event yang bertemakan “USAHA MILIK KAUM MILENIAL (UMKM) FESTIVAL”. Acara ini dimulai pada hari Senin-Selasa, tanggal 30-31 Mei 2022 di Lapangan Parkir Stadion Rondong Demang Tenggarong. Dalam festival yang lebih mengkedepankan kaum milenial tersebut, ada sekitar 25 Pelaku UMKM yang ikut andil dan berpartisipasi dalam event. Ada juga Thrift Exhibition, Tari Tradisional dan Music Performance selama festival berlangsung. Pameran dibuka untuk umum mulai dari siang hari hingga malam hari. Penampilan-penampilan di panggung bisa dilihat pada saat sore hari hingga malam hari sehingga pengunjung yang datang sembari menonton penampilan talent bisa menikmati jajanan dari para pelaku UMKM yang berjualan di area festival. Diharapkan ekonomi nantinya akan meningkat selama festival berlangsung.

 UMKM Festival Melibatkan Banyak Pelaku Usaha

Festival USAHA MILIK KAUM MILENIAL (UMKM) yang berlangsung tanggal 30-31 Mei 2022 di Lapangan Parkir Stadion Rondong Demang Tenggarong berlangsung ramai. Akan ada 25 Tenant Booth teman-teman UMKM dengan berbagai macam produk nya mulai dari Distorsi Store, BWK Store, Nyore Thrift, Thriftkuy X Roxxy, Karya Etam, Dharma Wanita Dinas Pariwisata, Distorsi Coffee, Helios X An. Gata, Nero Coffee Space, Kisah Setara, Sachi Tea, Distorsi Burgerlab, Eat Mie, Kebab Turki Baba Rafli, Angkringan Taman Kota Raja, Mahbun Collection, Shiety Galery, Tahu Gejrot Arwana, dan Rajut Ayseiru.
Performa dari Thrifting Exhibition, Tari Tradisional dan Music Performance ikut meramaikan acara. Festival berlangsung pada jam 16.00 Wita s/d Selesai. Tiket digratiskan dan tetap mematuhi protokol kesehatan selama berada dalam area festival.

 Kulineran Kutai, Gangan Terong Asam Hubi

Gangan terong asam hubi juga salah satu dari makanan yang sering dibuat masyarakat Kutai. Kuliner kali ini mengangkat resep dengan penggunaan bahan Ubi jalar, orang-orang Kutai biasa menyebutnya Hubi Rambat. Adapun cara membuat dan kelengkapan bahan-bahannya sebagai berikut.
-    Ubi jalar ( hubi rambat ) ½ Kg
-    Terong asam 1 biji
-    Cabe besar merah 2 biji
-    Daun keman atau kangkung 1 ikat
-    Kapala ikan sungai
-    Bawang hutan ( daun/ buah )
-    Bawang merah 2 siung
-    Tontong kotok ( jenis rotan besar yang muda )
Cara membuatnya pertama bersihkan semua bahan, rebus terong asam, cabe dan irisan bawang hingga masak, kemudian masukkan ubi, tontong kotok, kepala ikan, bawang hutan kedalam rebusan tadi hingga empuk. Angkat rebusan terong asam dan cabe, lalu haluskan dengan  garam dan terasi setelah halus masukkan kembali kedalam rebusan tadi. Terakhir masukkan daun keman atau kangkung hingga mendidih lalu angkat dan sajikan.

 Kulineran Kutai, Gangan Labu Santan

Sayur labu santan sangat mudah ditemui di daerah Kutai Kartanegara karena makanan ini merupakan salah satu makanan khas Kutai. Gangan ialah sebutan untuk sayur kuah, biasa disajikan dengan nasi serta lauk pauk. Berikut bahan dan cara membuatnya :
Bahan :
-    Labu kuning ¼ Biji
-    Daun/ pucuk labu 1 ikat
-    Santan ( 1/2  biji kelapa )
-    Cabe besar merah 2 biji
-    Serai, lengkuas, kunyit
-    Bawang merah 3 siung
-    Ikan salai baong ( direndam )
-    Terasi, garam secukupnya
Cara membuatnya dimulai dari bersihkan labu dan semua bahan, potong – potong sesuai selera, lalu labu, cabe, lengkuas, bawang direbus dengan sedikit air sampai setengah matang. Kemudian masukkan ikan salai ( ikan asap ) kedalam rebusan tadi sampai mendidih. Haluskan kunyit, terasi, garam, rebusan cabe dan bawang, kemudian masukkan kedalam rebusan labu. Terakhir masukkan sanatan kental dan daun labu hingga merata & matang. Gangan Labu Santan siap dihidangkan.

Even Tahunan

Even